Rabu, 06 Januari 2010

GHAUST 2010

Sudah lama rasanya tidak mengupdate berita-berita terbaru dari Ghaust secara lengkap dan jelas, hanya menulis sepenggal-sepenggal saja, entah karena malas, sibuk atau apalah. Oleh karena itu semua berita terbaru maupun lama dari aktifitas band ini akan dibeberkan disini, saat ini, detik ini juga :D

+ Berita yg pertama, mungkin dari kalian sudah pernah baca atau dengar kalau Ghaust baru saja menyelesaikan rekaman, mixing dan mastering diSinjitos studio untuk dua lagu baru yang akan dirilis dalam proyek split mendatang. Salah satu lagu baru tersebut berjudul "Against The Wind", berdurasi 6 Menit dan akan dirilis dalam format 7", split vinyl dengan band melodic darkcrust dari singapore yaitu Pazahora! Artworknya sendiri sedang dikerjakan oleh Arian13 dan belum ada jadwal rilis yang pasti untuk vinyl ini. Info lebih lanjutnya Menyusul!

Dan Lagu baru yang satunya lagi berjudul "Return Fire", lagu ini akan masuk kedalam split CD dengan band doom/post metal asal USA, Aseethe! Lagu ini berdurasi nyaris 9 menit. Dan satu lagu lama yaitu "Akasia" yang sudah diremix/dirusak/dimodifikasi sedemikian rupa oleh Morgue Vanguard dari Triggermortis juga akan masuk kedalam split CD ini. Hasil remixnya terdengar seperti gabungan Jesu dengan Dalek versus Merzbow, yah kurang lebih seperti itu kasarnya, lagi malas mendeskripsikannya secara jelas :D Total durasi untuk 2 lagu ini sekitar 19 menit. Sekali lagi Untuk split CD ini pun belum ada jadwal rilis resminya, tetapi dari hasil perbincangan dengan Cactus records, jika lancar semuanya, kemungkinan album ini akan diproduksi pada bulan Maret 2010.

+ Berita kedua, mengenai Split vinyl Ghaust dengan Blckwvs yang sudah tertunda nyaris 2 tahun lamanya pun akan segera dirilis ditahun 2010 ini. Saat ini masih dalam pengerjaan artwork, kabar terakhir yang kami dapat, artwork sudah selesai 95% dan tinggal sentuhan akhir saja. Dulu Ada beberapa teman yang mengkontak kami, bertanya dan Mungkin ingin tahu kenapa Split ini lama sekali rilisnya dan Formatnya selalu berubah-ubah. Ok kami buka, begini ceritanya, dari awal rencananya kami dan Blckwvs berniat merilis split ini dalam format 10", proses mencari label pun berjalan dan akhirnya kami mendapatkan label pertama yang ingin merilis split ini lalu, fast-forward, labelnya bangkrut dan kemudian kami kembali lg mencari label yang berminat dan akhirnya mendapatkan label kembali untuk kedua kalinya, namun label tersebut keberatan dengan format 10" yang dirasanya terlalu mahal bagi keuangan labelnya, akhirnya kami mengalah dan bersedia merilis split ini dengan format 7", nyaris 3-4 bulan tidak ada kelanjutan dan tidak ada kabar dari pihak label. Dan kebetulan Pada tahun yang sama juga, Ghaust pun akan rilis album pertama, Karena pada saat itu tidak ada kejelasan mengenai rilisan ini akhirnya kami memasukan lagu "At Sea(we are nothing)" kedalam album debut Ghaust, yang pada awal rencana sebenarnya akan digunakan pada rilisan split ini. Ok Balik lagi keceritanya, dan setelah ketidakjelasan yang cukup panjang ditahun 2009, nyaris setengah tahun lamanya atau lebih mungkin, akhirnya kami berdua pun setuju untuk pergi dan mencari label lain yang lebih menaruh minat serius pada rilisan ini. Akhirnya pilihan tersebut jatuh kepada Maniyax Records, sebuah label baru asal Jerman yang juga berasal dari satu kota yang sama dengan anak2 Blckwvs, Waktu berjalan dan entah apa yang mereka bicarakan diJerman sana, tiba-tiba owner label tersebut mengkontak kami via email dan bertanya apakah kami setuju jika rilisan ini dirilis dalam format 10"(deal awal kami dengan Maniyax Recs untuk merilis split ini adalah dalam format 7"), yahh tentu saja kami terima hehe. Yah Kurang lebih seperti itu cerita kasarnya. Pada akhir ceritanya split ini akan dirilis dalam format 10", dirilis sebanyak 300 buah, untuk packaging kami sendiri belum diberi tahu detailnya oleh anak2 Blckwvs dan Maniyax Recs, katanya mereka ingin mengejutkan kami. Yahh kami tunggu saja itu haha.. Jadwal rilis pun belum fix, tetapi vinyl siap dipressing, hanya tinggal menunggu artwork/packagingnya saja.

+ Berita Ketiga, Ghaust juga akan merilis EP digital bersama Iblis Kotor, sebuah proyek solo yang memainkan musik psikadelia/kraut rock asal Jakarta. Rilisan ini kemungkinan akan dirilis dalam bentuk digital saja, jadi artinya kalian hanya bisa mendapatkan rilisan ini dengan cara membeli diiTunes, dll. Untuk rilisan fisiknya masih dibicarakan lebih lanjut. Untuk rilisan ini Ghaust akan memberikan lagu "Day After(entering into pEace)", sedangkan Iblis Kotor akan memainkan dan merekam ulang lagu "Day after(entering into peace)" tersebut hingga menjadi sebuah lagu psychedelic/prog/kraut rock ala Iblis Kotor dengan durasi nyaris 19 menit. Full instrumentasi, Analog, Psychedelic rock, solo guitar, static drone, field recording, Kraut rock, world music, noise, dan Prog rock, semuanya bercampur aduk dalam lagu ini. Yah kalau kalian penggila Can, Sir Richard Bishop, Acid Mother temple, Goblin, King Crimson, atau Pink Floyd seperti kami, sudah dipastikan akan jatuh bangun ketika mendengarkan lagu Day After versi Iblis Kotor ini.

+ Berita Keempat, adalah mengenai Video Klip Ghaust, proses shooting dan editing "At Sea(we are nothing)" video telah selesai kami lakukan bersama sang director, yang juga teman baik kami, Danif Pradana. Tidak banyak yang bisa kami ceritakan mengenai shooting video ini. Awalnya si kami hanya ingin mencoba sesuatu yang baru, pada saat rencana dan lain-lainnya tampaknya kegiatan ini akan menyenangkan tapi ketika start shooting, FUCK!, baru tau kalo rekaman video klip itu sangatlah membosankan, serasa dijebak hahaha.. beruntung kami masih bekerja sama dengan team yang kami kenal dan dekat dengan kami, jadi masih agak nyantai walau bosan. kalau tidak kenal, shit! pasti akan sangat tidak menyenangkan. Dan untuk dimasa yang akan datang, kami tidak tahu apakah kami akan membuat video klip lagi, kami sudah merasa 'cukup' dengan yang ini, kalau pun iya sudah dipastikan kami tidak akan hadir didalamnya. Untuk videonya, secepatnya akan kami upload.

+ Yang kelima atau yang terakhir pada tulisan ini, yang juga menjadi kejutan akhir tahun yang menyenangkan untuk kami disini adalah ketika Mendapatkan email dari April, teman kami dari Junk Magz dan ia memberitahukan bahwa Ghaust masuk 10 besar album asia tenggara terbaik tahun 2009 versi junk magazine, WOW :D Pada awalnya kami sempet bingung karena debut album Ghaust kan dirilis pada tahun 2008. Setelah usut punya usut ternyata mereka mendapatkan album Ghaust versi kaset yang dirilis oleh third arm records pada bulan febuari 2009 yang lalu. Dan selanjutnya Masih dari halaman Junk juga, kami mendapatkan nominasi Junksound award 2009 dalam kategori Best Hardcore/Metal act dan sekali lagi kami berterima kasih kepada Junk dan semua kawan diluar sana yang sudah memberikan vote atau suaranya untuk Ghaust, hingga kami mendapat posisi runner up untuk Best Hardcore/Metal act pada Junksound award 2009 Kemarin. BIG THANX!!!

Cheers,
Ghaust

Listening to : Alcest/Les Discrets - Split LP, Hellowar - second, Bodychoke - Cold River Songs, A Place to Bury Strangers - Exploding Head, Deathhammer - Forever Ripping Fast, Morne - Untold Wait, OM - God Is Good, etc.